Home » PROFIL STAI-IBNURUSYD » Visi, Misi,dan Tujuan

Visi, Misi,dan Tujuan

a. Visi
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kotabumi memiliki visi Unggul dan terkemuka dalam pemanduan dan pengembangan pendidikan keIslaman dan keilmuan bagi peradaban.
b. Misi
1) Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada peningkatan dan pengembangan pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
2) Mengembangkan pendidikan berbasis keislaman dan pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) dan keindonesiaan.
3) Meningkatkan peran serta program studi dalam bidang pendidikan kebudayaan nasional dan peradaban.
4) Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan tridarma perguruan tinggi terutama dibidang pendidikan.
c. Tujuan
1) Tujuan Umum
Mendidik mahasiswa menjadi sarjana muslim yang ahli dalam ilmu pendidikan dan tenaga kependidikan yang profesional.
2) Tujuan Khusus
– Membentuk calon-calon tenaga ahli dalam bidang ilmu pendidikan agama Islam.
– Mendidik calon-calon tenaga peneliti baik di bidang Ilmu Pendidikan Islam, bahasa, ilmu kependidikan umum dan penelitian interdisipliner.
– Membentuk intelektual muslim yang menjunjung tinggi akhlak mulia, bersikap tanggap terhadap berbagai tantangan di masyarakat dalam rangka tanggung jawab terhadap agama, nusa dan bangsa. Mendidik calon-calon tenaga ahli dalam bidang ilmu pendidikan islam yang berkualifikasi kemampuan berfikir secara kritis, integratif dan interkoneksitas dalam usaha menyelesaikan masalah-masalah.
– Untuk memberikan pedoman bagi ajaran Prodi PAI dalam upaya merealisasikan visi misi dan tujuan Prodi PAI STAI Ibnu Rusyd Kotabumi, maka disusunlah rencana strategis Prodi PAI STAI Ibnu Rusyd. Rencana strategis dipedomani oleh seluruh jajaran pejabat prodi PAI dan staf dalam kegiatan di STAI Ibnu Rusyd Kotabumi.

Untuk mencapai tujuan STAI ialah melalui implementasi rencana strategi. Adapun rencana strategi STAI tahun 2007-2013 adalah sebagai berikut :
a. Mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi.
b. Mengadakan dan mengikuti perkembangan kurikulum melalui keikutsertaan dalam seminar-seminar, workshop, pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh PTAIS.
c. Mendorong dosen untuk menyusun bahan ajar baik secara individual maupun secara kelompok.
d. Meningkatkan mutu proses pembelajaran dengan memberikan/mengikut sertakan dosen dalam pelatihan dan lokakarya.
e. Meningkatkan kegiatan belajar mahasiswa secara mandiri dengan memanfaatkan waktu senggang di dalam dan di luar kampus.
f. Memperbanyak media pembelajaran elektronik, mulit media, serta laboratorium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*