Home » Berita akademik » Studi Banding STAI Ibnu Rusyd Lampung di Al-Hikam

Studi Banding STAI Ibnu Rusyd Lampung di Al-Hikam

Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang menyambut tamu istimewa yakni STAI Ibnu Rusyd dari Lampung. Rombongan yang berjumlah sekitar 150 mahasiswa itu tiba di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam sekitar pukul 10.30 WIB pada hari Kamis (27/12). Acara Studi Banding ini bertempat di Auditorium STAIMA Al-Hikam Malang.

Acara Studi Banding ini diawali pembukaan kemudian lantunan ayat suci Al-Quran lalu sambutan-sambutan. Sambutan tuan rumah diwakili Wakil Pengasuh KH. Muhammad Nafi’. Dalam pernyataannya, Ust. Nafi-begitu beliau disapa-memberikan ucapan selamat datang di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Selain itu, Ust. Nafi memberikan suatu gambaran awal bahwa di negara manapun baik negara maju, terbelakang dan berkembang seperti di Indonesia pasti memiliki problem dalam pendidikan.

Mulai problem keadilan, sosial, politik dan kemanusiaan yang berakar dari jebolnya pendidikan yang kurang difahami. Seperti bangsa kita yang memiliki cita-cita agar manusia yang dididik dapat menjadi manusia setengah dewa yakni beriman bertakwa dan mengesakan Tuhan. Namun kenyataannya para pelajar maupun lapisan masyarakat lain seperti tak mengenal Tuhan. Indikasi ini terlihat masih banyaknya kekerasan, tawuran maupun kurangnya toleransi dalam beragama. Intinya kegiatan dalam mengembangkan system pendidikan perlu dilakukan seperti halnya kegiatan studi banding ini agar tujuan dari pendidikan dapat terwujud.

Mulai memasuki acara inti yakni pemaparan awal profil STAIMA Al-Hikam disertai dengan kurikulum dan progam yang dijalankan. Hal ini disampaikan oleh Drs. Anwar Sa’dullah sebagai wakil ketua STAIMA Al-Hikam. Berawal dari keresahan Pengasuh Pesma Al-Hikam melihat fenomena banyak mahasiswa yang memiliki ilmu keagamaan yang rendah, padahal mereka adalah generasi yang akan menjadi pemimpin tombak dalam memajukan Negara dan bangsa. Maka berdirilah Pesantren Mahasiswa Al-Hikam pada tahun 1990 dengan bertujuan menampung mahasiswa umum untuk belajar dalam meningkatkan pengetahuan mengenai keagamaan. Namun tidak hanya itu mereka dituntut untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dalam motto Pesma Al-Hikam, yaitu amaliah agama, prestasi ilmiah dan kesiapan hidup.

Dengan berdirinya STAI Ma’had Aly Al-Hikam merupakan hasil dari renungan dan pemikiran KH. Hasyim Muzadi dengan para tokoh pendidikan di Malang untuk menjawab persoalan yang ada dimasyarakat. Persoalan tersebut berawal dari banyaknya santri salaf yang belum bisa menyalurkan pengetahuannya dalam bidang ilmu keagamaan kepada masyarakat secara luas. Analoginya, seperti air yang menggenang dan perlu untuk disalurkan.

 

20121231154322

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*