Home » Berita akademik » STIA Ibnu Rusyd Lampung KKL di UMM

STIA Ibnu Rusyd Lampung KKL di UMM

Kunjungan-LampungSebanyak 120 mahasiswa beserta dosen pembina Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kota Bumi Lampung Utara berkunjung ke kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (27/12). Rombongan diterima hangat oleh Staf Khusus Humas dan Protokoler, Joko Susilo, S.Sos, M.Si di Aula BAU UMM.

Sebelum acara dimulai, Drs. A. Ridwan A.L, M.Pdi selaku Pimpinan STAI Ibnu Rusyd memberikan penjelasan bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian Kuliah Kerja Lapang (KKL) untuk mahasiswa semester 5 dan 7. Sebagai pembuka dia menceritakan secara singkat profil dari STAI Ibnu Rusyd. UMM adalah salah satu universitas pilihan yang dijadikan tempat untuk kunjungan sedangkan tempat kunjungan yang lain adalah pondok-pondok pesantren yang ada di Jawa Timur.

“Saya berharap kami bisa mempelajari bagaimana program dan strategi yang dilakukan UMM sehingga bisa maju seperti sekarang. Kami kira akan banyak hal yang bisa diambil untuk dapat kami terapkan di Lampung,” harap Ridwan.

KKL yang dilaksanakan setiap tahun ini diagendakan oleh STAI Ibnu Rusyd bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui keadaan di lapang khususnya suasana akademik yang terjadi di UMM.

Sesuai dengan maksud kunjungan, Joko menjelaskan mengenai keberadaan UMM di bawah persyarikatan Muhammadiyah, struktur fisik dan administrasi di UMM seperti jurusan khususnya Fakultas Agama Islam (FAI), proses belajar mengajar, sistem pembelajaran, baik yang ada dalam struktur akademik maupun non akademik.

Joko juga menceritakan mengenai penghargaan dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki kampis putih seperti UMM salah satu dari tiga universitas swasta di Indonesia yang mendapatkan predikat bintang dua Q-Star dan penghargaan Webometric sebagai universitas yang memiliki aspek webnya di tingkat internasional. Selain itu Joko juga menanggapi berbagai pertanyaan yang secara antusias diberikan oleh para siswa. Kebanyakan para siswa mengenai jurusan favorit di UMM, mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)dan strategi yang dilakukan UMM sehingga menjadi kampus besar seperti saat ini.

“UMM bisa seperti sekarang karena beberapa faktor, faktor kepemimpinan, dibangun atas amanah, bantuan dari pemerintah, swadaya dari internal kampus dan bantuan dari Perbankan” jelas Joko. Acara kemudian dilanjutkan dengan penukaran cinderamata dari kedua belah pihak dan berfoto bersama di lapangan Helipad UMM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*