Home » Berita akademik » BAN-PT Tingkatkan Akreditasi di STAI Ibnu Rusyd

BAN-PT Tingkatkan Akreditasi di STAI Ibnu Rusyd

10721346_978022498890012_101871577_nTim Badan Analisi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan penilaian peningkatan status akreditasi program study (prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd dari akreditasi C ke akreditasi yang lebih tinggi.

Kunjungan tim visitasi akreditasi BAN-PT dari Jakarta ini, dilakukan Sembodo Ardi Widodo dan Nasir Baki.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd, A. Ridlwan Al. di aula setempat, Selasa (14-5) mengatakan dengan upaya peningkatan status akreditasi, diharapkan mutu pendidikan STAI Ibnu Rusyd pada prodi PAI dapat lebih baik.

“Peningkatan status dari akreditasi C ke akreditasi B atau A pada program study PAI akan mendorong peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran bagi mahasiswa di perguruan tinggi ini” kata Ridlwan.

Sementara, Ketua Yayasan Perguruan Islam (YPI) Ibnu Rusyd, Azhar Ujang Salim menuturkan penilaian penetapan peningkatan status akreditasi ini dilakukan selama tiga hari (13-15) Mei. Aspek yang dinilai meliputi berkas fisik akademis Prodi dan pelayanan masyarakat yang didalamnya mencakup pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi.

“Pengajuan peningkatan status akreditasi STAI Ibnu Rusyd karena aspek penilaian standar BAN-PT untuk peningkatan status akreditasi Prodi PAI telah lengkap. Untuk hasilnya, masih menunggu keputusan BAN-PT” ujar Ujang Salim.

Selain Prodi PAI, STAI Ibnu Rusyd rencananya juga akan mengajukan akreditasi Prodi untuk Komunikasi Penyiaran Dakwah Islam (KPI), Pendidikan Guru Roudatul At-Faal (PGRA) dan Ekonomi Islam.

“Pengajuan tiga Prodi tersebut yang masih dalam status terdaftar ke akreditasi menunggu proses kelengkapan persyaratan dan putusan dari Kementerian Agama dan BAN-PT” ujarnya kembali.

Dalam kesempatan itu, salah satu penilai BAN-PT, Nasir Baki menuturkan penilaian ini dilakukan secara prosedural meliputi beberapa macam aspek yang ditetapkan. Untuk hasil penilaian, masih menunggu pembahasan dari tim BAN-PT.

“Penilaian peningkatan status kami lakukan secara prosedural sesuai dengan standar yang ditetapkan BAN-PT” kata Nasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*